Rabu, 11 Mei 2011

PERAN STRATEGIS SMAIT MANARUL ISLAM

Para Lulusan SMP/MTs adalah para remaja yang berada dalam masa pertumbuhan. Remaja menjadi bagian yang tak terpisahkan dari tahapan hidup manusia. Remaja merupakan fase yang menentukan untuk menuju fase dewasa. Para remaja awal ini tengah berusaha menemukan jati dirinya. Dalam masa percarian inilah yang  perlu mendapat perhatian secara sungguh-sungguh dari sekolah maupun orang tua. Tanpa bimbingan yang memadai, remaja akan mengalami kesulitan yang luar biasa. Kesendirian tanpa dukungan yang positif dalam menemukan jati diri dapat menyebabkan persoalan di kemudian hari. Misal, tidak bisa menguasai diri, menganggap diluar dirinya adalah negatif, sulit bersosialisasi, perangai buruk yang dominan, minimnya pengetahuan seks, imunitas agama rendah, dll.

Pembentukan jati diri sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai agama. Pada fase anak-anak kita terbantu dengan menjamurnya / TPQ yang alhamdulillah hampir di semua masjid dan mushalla. Namun ada hal yang cukup memprihatinkan. Setelah anak-anak lulus dari TPA / TPQ,  belum ada lembaga yang menampung lulusannya atau belum terkelola dengan optimal. Maka tak heran kalau waktu mereka belum termanfaatkan secara optimal untuk kegiatan yang berguna bagi masa depannya kelak.

Berpijak dari kondisi itulah, kami mendirikan SMAIT MANARUL ISLAM Boarding School yang semoga menjadi lembaga pelabuhan pembinaan kecendikiawanan, kepemimpinan dan kewirausahaan bagi remaja dengan pondasi 10 muwashaffat atau karakter utama. Membersamai remaja untuk mempersiapkan diri meraih masa depan yang gilang gemilang, bukan menjadi buruh di negeri sendiri. Dengan beragam aktifitas yang dikelola dengan CPC system, SMAIT MANARUL ISLAM Boarding School semoga  dapat menumbuhkan dan menggali potensi remaja dengan memperhatikan keseimbangan spiritual, fisikal, emosional, dan intelektual. Dengan proses tersebut, para remaja yang siswa SMAIT MANARUL ISLAM ini akan menjadi pendaki sejarah pendidikan di Sekolah Islam Terpadu. Wallahu'alam bi Shawwab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar