Rabu, 18 Mei 2011

TRAMPIL BERBAHASA BUKAN PANDAI ILMU GRAMMAR SAJA

Bahasa merupakan alat atau sarana untuk menyampaikan pesan dalam berkomunikasi. Karena bahasa itu alat, maka fungsinya harus tetap dijadikan alat agar dia tidak mengalami disfungsi. Semakin sering bahasa itu digunakan dalam berkomunikasi, maka semakin mudah  ketrampilan berbahasa itu dikuasai. Begitupun bahasa Inggris, jika bahasa Inggris itu sering apalagi setiap hari dipakai dalam berkomunikasi, insya Allah akan mempercepat penguasaan ketrampilan berbahasa Inggris. 

Pembelajaran bahasa Enggris di SMAIT MANARUL ISLAM Boarding School tidak boleh terjebak pada pembelajaran bahasa Inggris konvensional. Pada pembelajaran konvensional ini banyak menekankan pada penguasaan Grammar atau ilmu Tata Bahasa Inggris. Jika proses pembelajaran bahasa Inggris itu dilakukan secara konvensional seperti yang selama ini ada, hasilnya akan tetap sama yaitu para siswa tidak akan terampil berbahasa Inggris. Kasus ini juga terjadi pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang belum secara optimal mampu memberdayakan pembelajar untuk terampil berbahasa, sehingga membuat siswa menjadi mudah untuk mengkomunikasikan ide atau gagasannya.
Pertanyaannya adalah, mengapa para peserta kursus Bahasa Inggris bisa dalam waktu yang relatif singkat mampu menggunakan Bahasa Inggris sebagai sarana berkomunikasi ? Bahkan hanya dalam hitungan pekan atau bulan, bukan tahun. Ya benar, di tempat kursus Bahasa Inggris, proses pembelajaran bahasa Inggris difokuskan kepada ketrampilan berbahasa Inngris bukan ilmu bahasa Inggris. Rata-rata para siswa kesulitan  dan mudah jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran bahasa Inggris yang lebih menekankan pada penguasaan ilmu bahasa Inggris atau Grammar. Sebaliknya rata-rata siswa lebih tersulut motivasi untuk belajar ketika mereka merasakan begitu mudahnya belajar ketrampilan berbahasa Inggris.  Apalagi mereka langsung bisa mempraktikkan berbahasa Inggris saat itu juga. Subhanallah, begitu mudahnya belajar ketrampilan berbahasa Inggris.

SMAIT MANARUL ISLAM Boarding School  mengembangkan konsep bahwa bahasa adalah alat komunikasi atau alat untuk memahami ide, gagaran, tulisan orang lain baik itu buku, majalah, koran atau sarana yang lain. Untuk itulah, pembelajaran ketrampilan berbahasa baik Inggris maupun Arab di SMAIT MANARUL ISLAM Boarding School diprogramkan untuk bisa dikuasai siswa selama 6 bulan pertama melalui program matrikulasi. Mengapa 6 bulan ? Mampukah siswa dalam waktu 6 bulan menguasai ketrampilan berbahasa Inggris dan Arab ? Insya Allah dijamin bisa. Berdasarkan studi empiris kami bagaimana BEC (Basic English Course) Pare Kediri telah terbukti berhasil dalam menerapkan program ini. Oleh karena itu, SMAIT MANARUL ISLAM Boarding School bekerja sama dengan BEC Pare - Kediri untuk mengembangkan progranm ini, Insya Allah.

Kemampuan siswa dalam menguasai ketrampilan berbahasa Inggris dan Arab ini akan menjadi sarana yang luar biasa dalam mengembangkan budaya belajar untuk membangun budaya keilmuan. Dengan ketrampilan bahasa Inggris dan Arab inilah, kita bisa mengetahui bagaimana para alumni Pesantren Modern Gontor bisa melanjutkan studi kemanapun dia mau. Bekal ketrampilan berbahasa Inggris dan Bahasa Arab akan menjadi  modal utama sebagai alat untuk mendalami suatu ilmu ketika melanjutkan studi di Perguruan Tinggi. Apalagi kemampuan berbahasa ini dilengkapi dengan pengembangan budaya keilmuan, kepemimpinan dan kewirausahaan. Subhanallah, mudah-mudahan Allah SWT mengabulkan dan menjadikan kenyataan SMAIT MANARUL ISLAM Boarding School menjadi Pusat Kaderisasi Cendekiawan, Pemimpin dan Pewirausaha Masa Depan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar